Jika ada diantara kita ada yang mau bepergian (safar) dianjurkan bagi yang akan ditinggalkan memberikan doa, hal ini berdasarkan Hadist Anas Radhiyallahu Anhu :

رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُرِيدُ سَفَرًا فَزَوِّدْنِي قَالَ زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى قَالَ زِدْنِي قَالَ وَغَفَرَ ذَنْبَكَ قَالَ زِدْنِي بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي قَالَ وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ
“Datang seorang pria kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam lain berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku hendak bepergian, maka bekalilah aku.’ Maka, beliau bersabda, ‘Semoga Allah membekalimu ketakwaan.’ Pria itu berkata lagi, ‘Tambahilah.’ Beliau bersabda, ‘Dan semoga Allah mengampuni dosa-dosamu.’ Pria itu berkata lagi, ‘Tambahilah.’ Beliau bersabda, ‘Dan semoga memudahkan kebaikan untukmu di mana pun kamu berada’”
Berikut bunyi Doanya :

أَسْتَوْدَعُ اللهَ لِدِيْنِك وَأَمَانَتِك وَخَوَاتِيْمِ عَمَلِك زَوَّدَك اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَذَنْبَك وَيَسَّرَلَك الْخَيْرَ حَيْثُ كُنْت

Artinya : "Aku memasrahkan agamamu, kepercayaanmu dan kesudahan amalmu kepada Allah. Mudah-mudahan Allah membekalimu dengan ketaqwaan, mengampuni dosamu dan memudahkan kebaikan bagimu dimanapun kamu berada"

Dalam hadits ini pemberitahuan bahwa orang yang akan ditinggalkan boleh memilih apakah mengucapkan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Ibnu Umar atau hadits ini. Yang lebih baik adalah menggabungkan antara keduanya, sehingga kadang-kadang mengucapkan yang ini dan kadang-kadang mengucapkan yang itu.
Ungkapan زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى ‘semoga Allah membekalimu ketakwaan‘, do’a dalam bentuk kaiimat khabariah. Artinya, ya Allah, bekalilah dia ketakwaan. Demikian juga kalimat yang sebenarnya dalam وَغَفَرَ ذَنْبَكَ ‘mengampuni dosa-dosamu’ dan وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ ‘dan memudahkan kebaikan untukmu‘.

Ungkapan حَيْثُ مَا كُنْتَ ‘di mana pun kamu berada‘, dengan kata lain, dalam perjalananmu dan ketika engkau mukim.
Takwa didahulukan dalam do’a, karena takwa adalah dasar dalam segala sesuatu. Seorang hamba yang mendapatkan taufik adalah orang yang bertakwa. Sehingga seakan-akan beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam mengisyaratkan kepada bepergian karena diyakini sering menimbulkan berbagai macam kesulitan. Bahkan mungkin seorang musafir menyepelekan urusan ibadah, ucapan yang buruk, berdebat dengan kawan, sehingga beliau berdo’a semoga diberi bekal takwa, dengan kata lain, pemeliharaan dan penjagaan dari semua itu dan sabar untuk tetap menegakkan kewajiban-kewajiban kepada Allah Ta’ala.

Disalin dari Syarah Do’a & Dzikir Hishnul Muslim oleh Madji bin Abdul Wahhab Ahmad dengan Korektor Syaikh Dr. Sa’id bin Ali Wahf al-Qathtani, hal. 516-517 Terbitan Darul Falah, Jakarta.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
/*Mulai*/ /*Akhir*/