Sering sekali terlontar pertanyaan dari teman sejawat dan akhwat-akhwat akan doa barokah buat saudara fillah yang baru mendapatkan rizki seorang anak.
Islam merupakan agama yang syamil mutakamil, agama yang sangat sempurna dan ajaran-ajaran islam meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Dari hal yang besar sampai terkecil islam mengajarkan adab maupun tata cara etika dalam segala aspek, bahkan tahniah (ucapan selamat doa barokah) buat pengantin, barang yang baru dibeli, dan doa barokah atas karunia anak.
Dalam kitab Al Adzkar Imam Nawawi tertulis dalam bab istihbab ( sunnah) dianjurkan mengucapkan selamat atas kelahiran baru.

باب استحباب التهنئة وجواب المهنأ – يستحب تهنئة المولود له ، قال أصحابنا : ويستحب أن يهنأ بما جاء عن الحسين رضي الله عنه أنه علم إنسانا التهنئة فقال : قل : بارك الله لك في الموهوب لك ، وشكرت الواهب ، وبلغ أشده ، ورزقت بره



.
Artinya : sebagaimana dikatakan bahwa Al Husain bin ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengajarkan pada seseorang ucapakan selamat “Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu” (Semoga Allah memberkahimu anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya)



ويستحب أن يرد على المهنئ فيقول : بارك الله لك ، وبارك عليك ، وجزاك الله خيرا ، ورزقك الله مثله ، أو أجزل الله ثوابك ، ونحو هذا


Lalu orang yang diberi ucapan selamat hendaklah menjawab, “Barokallahu laka wa baroka ‘alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak” (Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu)


Dan hari ini sore ini saya dapat kabar gembira dari mbak tercinta di gresik telah dikarunia putra ke 2 keponakan saya ke 20, adik dari ananda Abdurrahman As Syatiri, tak luput doa barokah dariku buat kakanda Muhammad Fatih dan Wahidatul Husnah semoga ananda menjadi anak yang sholeh dan mushlih amin Allahumma amin, dan yang mendoakan segera mendapatkan serupa amin Ya Rabb.
ADEK
Semoga bermanfaat…       إنما العلم بالعمل

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
/*Mulai*/ /*Akhir*/