Kajian Shirah Nabawiyyah


*الرحيق المختوم*

Karya *Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri*
=============================
Penutur : Ainur Rohmawatin, Lc

*PERJALANAN HIDUP RASUL YANG AGUNG محمد صلى الله عليه و سلم*

Dari kelahiran hingga detik-detik terakhir

*Nasab dan keluarga besar Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam*

*• Nasab Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam*
Nasab Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam terbagi ke dalam tiga klasifikasi:

*Pertama* yang disepakati oleh ahlus siyar Wal anshab (para sejarawan dan ahli nasab) yaitu urutan nasab beliau hingga kepada adnan.

*Kedua* yang masih diperselisihkan antara yang mengambil sikap diam dan Tidak berkomentar dengan yang berpendapat dengannya yaitu urutan nasab beliau dari adnan hingga Ibrahim Alaihissalam.

*Ketiga* yang Tidak diragukan lagi bahwa didalamnya terdapat riwayat yang tidak Shahih yaitu urutan nasab beliau mulai dari atas nabi Ibrahim Alaihissalam hingga Nabi Adam alaihissalam.

1. *Klasifikasi pertama*
Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib (nama aslinya syaibah) bin Hasyim (nama aslinya Amr) bin Abdu Manaf (nama aslinya Al Mughiroh) Bin qushay (nama aslinya Zaid) Bin kilab bin Murrah Bin ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr ( dialah yang dijuluki sebagai Quraisy yang kemudian suku ini dinisbatkan kepadanya) bin Malik bin an-nadhar (nama aslinya Qais) Bin kinanah bin khuzaimah bin mudrikah (nama aslinya Amir) bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Maad Bin adnan.
2. *Klasifikasi kedua* (urutan nasab di atas adnan) yaitu :


Adnan bin Add bin Humaisi' bin salaman bin Awsh bin buz bin Qimwal bin Ubay Bin awwam bin nasyid bin Haza bin Baldas bin Yadhaf bin Thabikh bin Jahim bin Nahisy bin Makhiy binIrh bin Idh bin Abqar bin Ubaid bin ad di'a bin hamdan bin sunbur bin yastribi bin yahzan bin yalhan bin Ar'awi bin Idh bin disyan bin aisyar bin afnad bin ayham bin muqoshshir bin ahits bin zarih bin sumay bin mizzi bin Urhah bin Uram bin Qidar bin ismail bin ibrahim عليه السلام

3. *Klasifikasi ketiga* (urutan nasab di atas Ibrahim) yaitu:
Ibrahim Alaihissalam Bin tarih (nama aslinya Azar) bi nahur bin saruh bin Ra'u bin afalikj bin abir bin syalikh bin arfakhsyad bin Sam Bin Nuh Alaihissalam bin Lamik bin Mutawasylikj bin Akhnukh (ada yang mengatakan bahwa dia adalah Nabi Idris Alaihissalam) Din Yarid bij Mihal'il bin qaynan bin anusyah bin syits bin Adam عليه السلام


*Keluarga besar Nabi* Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam
Al usrah An Nabawiyyah    Keluarga besar Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam lebih dikenal dengan sebutan Al usar Al hasyimiyah ini dinisbatkan kepada kakek beliau Hasyim bin Abdi Manaf oleh karenanya kita sedikit akan menyinggung tentang kondisi Hasyim ini dan orang-orang setelahnya.

1. Hasyim

Hasyim adalah orang yang bertindak sebagai penanggung jawab atas penyediaan air minum atau siqayah dan penyediaan makanan (rifadah) untuk jamaah haji dari keluarga Abdi Manaf ketika terjadi kompromi antara Abdi Manaf dan Bani Abdid Dar dalam masalah pembagian wewenang antar kedua belah pihak. Hasyim dikenal sebagai orang yang hidup berkecukupan dan bangsawan besar. Dialah orang yang pertama menyediakan Ats tsarid (semacam roti yang direbus dan disiram kuah) ini merupakan makanan paling mewah di kalangan mereka. Kepada para jamaah haji di Mekah. Nama aslinya adalah Amr, Adapun Kenapa dia dinamakan Hasyim Hal ini dikarenakan pekerjaannya yang meremuk remukan roti tersebut (sesuai dengan arti kata Hasyim dalam bahasa Arabnya) dia juga lah orang pertama yang membuat tradisi melakukan 2 perjalanan Niaga bagi kaum Quraisy z yaitu rihlatus syita' (perjalanan Niaga di musim dingin ke wilayah Syam) dan rihlatus shaif (perjalanan Niaga di musim panas ke wilayah Yaman) kedua perjalanan tersebut disebutkan di dalam surat Quraisy.
Berkenaan dengan hal ini seorang penyair bersenandung
Amrlah orang yang menghidangkan tsarid kepada kaumnya
Kaum di Mekah yang ditimpa kurang hujan dan paceklik
Olehnyalah pencanangan tradisi dua Niaga
Perjalanan Niaga di musim dingin dan di musim panas

Diantara kisah tentang dirinya suatu hari dia pergi Berniaga ke kota Syam namun ketika tiba di Madinah dia menikah dengan Salma binti Amr, salah seorang putri Bani Adi bin an-najjar. Dia tinggal bersama istrinya untuk beberapa waktu kemudian berangkat ke negeri Syam. Sementara istrinya ditinggalkan bersama keluarganya dan sedang mengandung abdul-muththalib di dalam perutnya. Hasyim akhirnya meninggal di Gaza salah satu kawasan di Palestina. Istrinya Salma melahirkan putranya Abdul Mutholib pada tahun 497 Masehi. Ibunya menamakannya shahifah yang berarti uban karena tumbuhnya uban di kepalanya. Salma mendidik anaknya di rumah ayahnya (Amar) di Yatsrib. Sedangkan keluarganya yang dimakan Tidak seorangpun dari mereka yang mengetahui perihal dirinya. Hasyim mempunyai 4 orang Putra dan 5 orang putri. Keempat putranya tersebut adalah asad, abu saifi, Nahdhlah dan Abdul Mutholib. Sedangkan kelima putrinya adalah Asyifa, Khalidah, Dhaifah, Ruqoyyah dan Jannah

*2. Abdul Muthalib*
Bersambung......

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
/*Mulai*/ /*Akhir*/