Puasa pada hari Arafah bagi yang tidak berhaji hukumnya Sunnah dan Makruh untuk yang berhaji. Karena kesulitan dan kelelahan yang menyertainya. 
Ada banyak manfaat yang dipetik seorang Muslim ketika dia berpuasa pada hari yang besar ini; Di antaranya: 

1. Penghapusan dosa dua tahun 
Tahun yang lalu dan tahun yang akan datang* adalah dosa-dosa kecil dengan syarat meninggalkan dosa-dosa besar.
فعن أبي قتادة -رضي الله عنه- أنّ النبي قال: (... صِيَامُ يَومِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ علَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتي قَبْلَهُ، وَالسَّنَةَ الَّتي بَعْدَهُ) رواه مسلم
Dari Abu Qatada radhiyallahu 'anhu- bahwa Nabi bersabda: (...Puasa pada hari Arafah, aku berharap Allah akan menebus tahun sebelumnya dan tahun sebelumnya).

2. Memperbaiki cacat ibadah puasa
Memperbaiki cacat yang mungkin terjadi dalam ibadah melalui puasa sunnah; Ibadah Sunnah menutupi kekurangan dalam ibadah wajib, Rasulullah saw bersabda:
(... فإن انْتَقَص من فريضتِه شيئًا، قال الربُّ -تبارك وتعالى-: انْظُروا هل لعَبْدِي من تَطَوُّعٍ، فيُكَمِّلُ بها ما انتَقَص من الفريضةِ، ثم يكونُ سائرُ عملِه على ذلك) رواه الترمذي
(... Jika ada sesuatu yang hilang dari kewajibannya, Tuhan - Maha Suci Dia - berfirman: Lihat apakah hamba-Ku memiliki ibadah Sunnah, sehingga dia melengkapi dengannya apa yang hilang dari ibadah wajib, maka dia melakukan sisanya. ).

3. Lebih dekat dengan Allah
Mendekatkan diri kepada Allah dengan ibadah yang paling dicintai-Nya, yaitu puasa pada hari-hari terbaik, yaitu hari Arafah, dari Abu Huraira radhiyallahu 'anhu dari Nabi saw - dalam hadits Qudsi yang dia meriwayatkan dari Allah - Yang Maha Tinggi: 
... وَمَا يَزَالُ عَبْدِي يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أحْبَبْتُهُ: كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِي يَسْمَعُ بِهِ، وَبَصَرَهُ الَّذِي يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِي يَبْطِشُ بِهَا، وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِي بِهَا، وَإِنْ سَألَنِي لأُعْطِيَنَّهُ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِي لأُعِيذَنَّهُ). رواه الترميذي
(... Dan hambaku masih mendekat kepada-Ku dengan ibadah Sunnah sehingga Aku mencintainya, dan apabila Aku mencintainya, maka Aku mendengar dengan pendengarannya, melihat dengan penglihatanya, menghancurkan dengan tangannya, berjalan dengan kakinya, dan apabila ia meminta maka Aku memberikannya, dan apabila ia meminta perlindungan sungguh Aku melindunginya)
 
4. Menjauhkan dari Neraka
Jarak dari neraka, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah bahwa barang siapa berpuasa sehari dengan sukarela, Allah menjauhkan wajahnya dari api tujuh puluh musim gugur, dan itu ada dalam hadits mulia yang diriwayatkan oleh Abu Saeed Al-Khudri radhiyallahu 'anhu. - dari Nabi - saw: 
(مَن صامَ يَوْمًا في سَبيلِ اللَّهِ، بَعَّدَ اللَّهُ وجْهَهُ عَنِ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا) رواه البخاري
(Barang siapa berpuasa sehari di jalan Allah Allah telah menjauhkan wajahnya dari api tujuh puluh tahun).

========================
👍🏻http://Fb.com/alfarohidy
🌐https://www.alfarohidy.or.id
▶️ https://youtube.com/c/ALFAROHIDY
========================
Sempurnakan amalan sholeh anda dengan bersedekah

Salurkan Infaq Sedekah dan wakaf Anda untuk pembangunan Masjid dan asrama pesantren Alfarohidy Putri - Pesantren Penghafal Al Qur'an dan ilmu Syar'i Konda Satu Konda Konawe Selatan

Rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 
No rekening 2255520208
An. Yayasan Alkholil Alfarohidy Indonesia

Konfirmasi transfer via WhatsApp

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
/*Mulai*/ /*Akhir*/