Horee… masuk bulan juli, saat tahun ajaran baru dimulai. Saat memperbarui niat dalam menuntut ilmu.

Nasehat untuk anak-anakku pesantren Alfarohidy dan TK, SD Alfarohidy. Kegiatan saat orentasi siswa.

Menuntut ilmu menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Ditegaskan dalam hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik.

عن أنس بن مالك -رضي الله عنه- عن النبي -صلى الله عليه وسلم- أنه قال: (طلَبُ العِلمِ فَريضةٌ علَى كلِّ مُسلِمٍ).

Artinya : Menuntut ilmu kewajiban atas setiap muslim

Bagi seorang yang menuntut ilmu wajib ikhlas karena Allah. Ancaman bagi yang menuntut ilmu yang tujuannya mengharapkan ridho Allah akan tetapi ia menuntut ilmu untuk mendapatkan dunia, maka ia tidak akan mencium bau surga saat dihari kiamat, yang mana bau surga mampu dirasakan sejauh 70 tahun perjalan. Rasulullah saw bersabda :

عن أبي هريرة -رضي الله عنه- عن النبي -صلى الله عليه وسلم- قال: (مَن تعَلَّمَ علمًا ممَّا يُبتَغَى به وجهُ اللهِ، لا يتعلَّمُه إلَّا لِيُصِيبَ به عَرَضًا من الدُّنيا، لم يَجِدْ عَرْفَ الجنَّة يَومَ القيامَةِ).

 Artinya : Barang siapa belajar suatu ilmu yang mana dengannya berharap wajah Allah (ilmu syar’i), kemudian ia tidak mempelajarinya kecuali untuk mendapatkan harta dari dunia, maka ia tidak akan mendapatkan bau surga pada hari kiamat.

Termasuk bagi yang yang menuntut ilmu karena kesombongan, takabbur, supaya dipanggil seorang ulama’, seorang hafidz, dan seterusnya. Mereka akan diancam dengan api neraka. Rasulullah saw bersabda:

عن جابر بن عبد الله- رضي الله عنه- أن النبي -صلى الله عليه وسلم- يقول: (لا تَعلَّموا العِلمَ لِتُباهوا به العُلماءَ، ولا تُماروا به السُّفهاءَ، ولا تَخيَّروا به المجالِسَ فمَن فعَل ذلك فالنَّارَ النَّارَ) صَحِيحٌ رَوَاهُ ابن حبان

Artinya: Janganlah kalian menuntut ilmu agar dijuluki ulama’, dan jangan mendebat (menghina) yang bodoh, dan terlalu memilih majelis, barang siapa yang melakukan hal tersebut, (takutlah) kemudian neraka.. neraka…

Dalam hadist ini dapat diambil beberapa pelajaran:

  1. Dilarang menuntut ilmu untuk selain Allah yaitu kesombongan
  2. Tujuan menuntut ilmu adalah untuk diajarkan kepada orang lain bukan untuk menghina orang lain
  3. Dilarangnya fanatisme sehingga ia memilih majelis tertentu saja sehingga keilmuannya tidak luas dan tidak lembut
  4. Ancaman neraka terhadap orang yang sombong, suka menghina, dan fanatisme

 

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
/*Mulai*/ /*Akhir*/