Surat Kahfi mengajariku …
Agar setiap muslim merujuk pada surat Kahfi, membaca, menelaah, dan mengamalkan, supaya lolos dari fitnah paling besar, fitnah Dajjal dan fitnah agama, harta, dan ilmu.
Surat Kahfi mengajariku …
فَلْيَنظُرْ أَيُّهَا أَزْكَىٰ طَعَامًا
"dan hendaklah Dia Lihat manakah makanan yang lebih baik"
Jangan makan kecuali yang baik, jangan memberi makan kecuali yang baik. Allah Maha baik, tidak menerima kecuali yang baik.
Surat Kahfi mengajariku …
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا
"dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas".
Teman Sholeh adalah ia yang jika engkau berteman dengannya, kau selalu mengingat dan terkait akan Ahirat

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya tiada jalan tuk memperoleh hidayah kecuali Allah, Dialah Maha pemberi hidayah, Maha pemberi petunjuk untuk mashlahah dunia ahirat
(مَن يَهْدِ اللهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدا )
"Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, Maka Dialah yang mendapat petunjuk; dan Barangsiapa yang disesatkan-Nya, Maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya"

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya Tuhan yang telah mematikan Ashabul Kahfi selama tiga ratus Sembilan tahun kemudian menghidupkannya adalah Tuhan yang Kuasa menghidupkan orang yang telah meninggal walaupun telah lama sekali

Surat Kahfi mengajariku …
Salah satu etika (adab) seorang hamba dengan Allah, janganlah mengucapkan “aku akan melakukan sesuatu nanti “ kecuali dengan iringan ucapan “In syaAllah”
((وَلَا تَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فَاعِلٌ ذَٰلِكَ غَدًا❄❄إِلَّا أَن يَشَاءَ اللهُ
"dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah"

Surat Kahfi mengajariku …
(وَاذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَىٰ أَن يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَٰذَا رَشَدًا)
"dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan Katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini".
Sesungguhnya obat mujarab untuk mengobati kelupaan adalah dengan memperbanyak dzikrullah mengingat Allah. Dzikir dan doa kepada Allah merupakan pengobatan ampuh buat jiwa dan lupa

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya siksa dunia bagaimanapun beratnya tidaklah sebanding dengan siksa ahirat
(قَالَ أَمَّا مَن ظَلَمَ فَسَوْفَ نُعَذِّبُهُ ثُمَّ يُرَدُّ إِلَىٰ رَبِّهِ فَيُعَذِّبُهُ عَذَابًا نُّكْرًا)
"berkata Dzulkarnain: "Adapun orang yang aniaya, Maka Kami kelak akan mengazabnya, kemudian Dia kembalikan kepada Tuhannya, lalu Tuhan mengazabnya dengan azab yang tidak ada taranya".
Kita berlindung pada Allah dari siksa api neraka

Surat Kahfi mengajariku …
Jagalah Allah, maka Ia akan menjagamu
(وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ)
"dan Kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri"
Ibnu Abbas berkata : “ seandainya tidak dibolak-balikan, maka bumi akan memakan mereka”
Barangsiapa yang senantiasa menjaga serta menjalankan perintah Allah, maka Dia akan menjaganya. Barangsiapa yang mendapatkan penjagaan Allah maka akan dibuatkan baginya segala sesuatu, langit bumi, manusia, benda-benda (tumbuhan dan lainnya, juga hewan

Surat Kahfi mengajariku …
(وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا)
"dan hendaklah ia Berlaku lemah-lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seorangpun".
Ahlul ‘ilmi mengambil faedah dari ayat ini adalah disyariatkannya menyembunyikan amalan perbuatan kita, jangan tunjukkan pada orang lain

Surat Kahfi mengajariku …
فانطلقا "
فانطلقا "
فانطلقا
"Maka berjalanlah keduanya"
Sesungguhnya keberhasilan dan kemenangan membutuhan Action (pergerakan)

Surat Kahfi mengajariku …
(وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ وَكَانَ اللهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا)
"dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, Maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. dan adalah Allah, Maha Kuasa atas segala sesuatu".
Betapa singkatnya kehidupan ini … dan betapa hina dina…

Surat Kahfi mengajariku …
Jangan sekali-kali menyerah karena penolakan manusia dan pantangan yang engkau hadapi dalam perjalanan dakwahmu
(فَلَعَلَّكَ بَاخِعٌ نَّفْسَكَ عَلَىٰ آثَارِهِمْ إِن لَّمْ يُؤْمِنُوا بِهَٰذَا الْحَدِيثِ أَسَفًا)
"Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, Sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Quran)".

Surat Kahfi mengajariku …
(كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ إِن يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا)
"Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta".
Hati-hatilah dengan perkataannmu, bisa jadi satu kata yang keluar dari bibirmu memperberat timbangan keburukanmu

Surat Kahfi mengajariku …
Jangan bergantung kecuali kepada Allah, maka tiada penolong selain Allah semata
(وَلَمْ تَكُن لَّهُ فِئَةٌ يَنصُرُونَهُ مِن دُونِ اللهِ وَمَا كَانَ مُنتَصِرًا)
"dan tidak ada bagi Dia segolonganpun yang akan menolongnya selain Allah; dan sekali-kali ia tidak dapat membela dirinya".

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya mengucapkan سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر itu lebih baik di dunia ini daripada harta benda dan anak
(الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا)
"harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan".

Surat Kahfi mengajariku …
Sekuat apapun hati dan jasadmu, sesungguhnya engkau lemah jika sendiri, dan kuat jika berhimpun dengan jamaah
(فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا)
"Maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka"

Surat Kahfi mengajariku …
(لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا)
"agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya".
Allah SWT tidak mengatakan “ kuantitas” ataupun “kontinyuitas” akan tetapi “kualitas”
Dengan ikhlas niat serta ittiba’ mengikuti Nabi Muhammad SAW

Surat Kahfi mengajariku …
Ketika engkau merasa sombong dan takabbur akan ciptaan Allah, ingatlah ayat ini (أَكَفَرْتَ بِالَّذِي خَلَقَكَ مِن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ سَوَّاكَ رَجُلًا)
"Apakah kamu kafir kepada (tuhan) yang menciptakan kamu dari tanah, kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikan kamu seorang laki-laki yang sempurna?"
Maka, mengapa sombong dan takabbur???

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya faktor terbesar keteguhan (tsabat) adalah berpegang teguh pada Al Qur’an, Allah Swt telah menceritakan kepada kita akan keteguhan ashabul kahfi, kemudian mewasiatkan pada kita ayat ini (وَاتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِن كِتَابِ رَبِّكَ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ وَلَن تَجِدَ مِن دُونِهِ مُلْتَحَدًا)
"dan bacakanlah apa yang diwahyukan kepadamu, Yaitu kitab Tuhanmu (Al Quran). tidak ada (seorangpun) yang dapat merobah kalimat-kalimat-Nya. dan kamu tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain dari padanya".

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya salah satu kepiawaian dalam kepemimpinan adalah memanfaatkan orang lain sesuai dengan kapabilitas kemampuannya ( Right man in the right place) sebagaimana Dzul Qornain menempatkan kemampuannya pada kaum yang hampir tidak mengerti perkataan
93." hingga apabila Dia telah sampai di antara dua buah gunung, Dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan"

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya gua itu lebih luas dari angkasa jika engkau bisa beribadah menyembah Allah di dalamnya, namun angkasa akan terasa lebih sempit dari gua manakala engkau tidak bisa beribadah menyembah kepada Nya di dalamnya

Surat Kahfi mengajariku …
Sesungguhnya kredibilitas dan kapabilitas (kesholehan) orang tua itu akan menjaga anak-anaknya setelah mereka tiada
(وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا)
"sedang Ayahnya adalah seorang yang saleh"

Jum’ah Mubarokah….

[caption id="attachment_134" align="alignnone" width="395"]masjid Nurul Muttaqin, Tanah Karo Masjid Nurul Muttaqin, Munte Karo[/caption]

1 تعليقات

إرسال تعليق

أحدث أقدم
/*Mulai*/ /*Akhir*/