dia yang mencintaimu selalu melihat bahwa dirimu cantik, yang kau pun tak mampu melihatnya dalam dirimu

Apalah artinya jika cinta tidak bermuara cinta kepada Nya, Allah SWT Sang Maha Cinta. Sesungguhnya di dunia ini tiada cinta yang patut diharapkan dan diutamakan manusia selain daripada cinta yang berasal dari Allah Ar Rahman Ar Rahim ( Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang). Apalah arti cinta yang kita dapati dari seluruh manusia jika tidak mendapat cinta dari Nya.
Diriwayatkan dari Abu ad-Darda` radiyallahu 'anhu, dia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : كَانَ مِنْ دُعَاءِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ: اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ حُبَّكَ، وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ، وَالْعَمَلَ الَّذِيْ يُبَلِّغُنِيْ حُبَّكَ. اللّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِيْ وَأَهْلِيْ وَمِنَ الْمَاءِ الْبَارِدِ.

Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Di antara doa Nabi Daud ’alihis-salaam ialah: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu cintaMu dan cinta orang-orang yang mencintaiMu dan aku memohon kepadaMu perbuatan yang dapat mengantarku kepada cintaMu. Ya Allah, jadikanlah cintaMu lebih kucintai daripada diriku dan keluargaku serta air dingin.”(HR Tirmidzi 3412)

Dalam doa tersebut terkandung 4 hal penting dalam prinsip cinta dan mencintai :
Pertama : memohon cinta Allah. Dahulukan kecintaan kepada Allah di atas segala-galanya. Yang akan mendatangkan kecintaan dari seluruh manusia dan makhluk di dunia ini.
Kedua : memohon kepada Allah cinta orang-orang yang mencintai Allah. Minta jodoh dan pasangan yang mencinta Allah, memupuk dan membina cinta karena Nya.
Ketiga : memohon kepada Allah agar ditunjuki perbuatan-perbuatan yang dapat mendatangkan cinta Allah.
Keempat : memohon kepada Allah agar menjadikan cinta Allah sebagai hal yang lebih dia utamakan daripada dirinya sendiri, keluarganya dan air dingin.

Mengapa di dalam doanya Nabi Daud ’alihis-salaam perlu mengkontraskan cinta Allah dengan cinta dirinya sendiri, keluarganya dan air dingin? Sebab kebanyakan orang bilamana harus memilih antara mengorbankan diri dan keluarga dengan mengorbankan prinsip hidup pada umumnya lebih rela mengorbankan prinsip hidupnya. Yang penting jangan sampai diri dan keluarga terkorbankan. Kenapa air dingin? Karena air dingin merupakan representasi kenikmatan dunia yang indah dan menggoda. Pada umumnya orang rela mengorbankan prinsip hidupnya asal jangan mengorbankan kelezatan duniawi yang telah dimilikinya.

Jadi doa Nabi Daud ’alihis-salaam mengandung pesan pengorbanan. Ia rela mengorbankan segalanya, termasuk dirinya sendiri, keluarganya sendiri maupun kesenangan duniawinya asal jangan sampai ia mengorbankan cinta Allah.
Semoga Allah SWT memberikan anda sekalian nikmat cinta sejati yang bermuara dan berdasarkan kecintaan Allah dan dijauhkan dari cinta palsu yang melenakan dan menjerumuskan.
Wallahul Muwafiq

Post a Comment

أحدث أقدم
/*Mulai*/ /*Akhir*/