Opening "Dirosah Tafa'uliyyah Fil Lughotil Arobiyyah"

Alhamdulillah pembukaan Program “ Dirosah Tafa’uliyyah Fi Al Lughoti Al Arobiyyah” telah dilaksanakan pada tanggal 11 Nopember 2014 bertempat di lantai 2 Mesjid Islamic Center Muadz Bin Jabal Kendari. Para peserta dibekali dengan motivasi dan keutamaan menuntut ilmu agama. Serta urgensi belajar dan menguasai bahasa Al Qur’an. Dengan penjelasan beberapa tips serta apa sajakah yang seharusnya dikuasai dalam pembelajaran bahasa arab, sehingga bisa menguasai kemampuan berbahasa yang meliputi dua aspek yaitu:
1. Maharah Lughowiah ( kemahiran berbahasa ) yang terdiri dari 4 hal :
a. Al Istima’ (mendengarakan)
b. Al Kalam (berbicara)
c. Al Qiro’ah (membaca)
d. Al kitabah (menulis)
2. Al anashir al lughowiah (Unsur- unsur bahasa) terdiri dari 3 hal :
a. Al ashwat (suara)
b. Al mufrodat (kosa kata)
c. Al tarokib al nahwiyyah (tata bahasa)
Insyallah kedua kemampuan berbahasa tersebut akan diajarkan step by step dengan tujuan agar peserta bisa memahami selanjutnya menguasai kifayah lughowiyyah dengan matang.
Alhamdulillah peserta “ Dirosah Tafa’uliyyah Fi Al Lughoti Al Arobiyyah” program kelas regular berjumlah 33 peserta yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu pukul 13.30- 15.00 WITA, dan program kelas Akselerasi berjumlah 17 peserta pada hari Kamis dan Jum’at pukul 16.00-17.30 WITA.
Alhamdulillah walaupun baru dua kali pertemuan namun para peserta rajin praktek bahasa di luar ruangan kelas. Ketika saya dapati mereka di majlis ta’lim ataupun di waktu dan tempat yang berbeda.
Tidaklah suatu hal yang membahagiakan bagi seorang pengajar kecuali jika sedikit ilmu yang telah diajarkan dipraktekkan dan berbuah amal. Dan juga bahasa itu adalah ilmu praktek (mumarotsah) kalau kata orang inggris “Practice Make Perfect”.
Semoga bahasa arab semakin kuat dan bisa dikuasai kebanyakan muslimin seluruh dunia sebagai salah satu perwujudan kebangkitan dan kejayaan islam wal muslimin.

[caption id="attachment_355" align="aligncenter" width="448" class=" "]Suasana Kelas "Dirosah Tafa'uliyyah Fil Lughotil Arobiyyah" Suasana Kelas "Dirosah Tafa'uliyyah Fil Lughotil Arobiyyah"[/caption]

Post a Comment

أحدث أقدم
/*Mulai*/ /*Akhir*/