Bayar Hutang Bro

Doa Buat Yang Menunda Membayar Hutang

"Penundaan orang kaya dalam membayar hutang adalah suatu kedzaliman" begitu bunyi sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim.

Menunda-nunda mengembalikan hutang bagi orang kaya atau siapa saja yang sudah sanggup membayarnya merupakan perbuatan tercela dan kejahatan betapa tidak, Ia telah merenggut hak dari si empunya harta. Syariat menamakan tipikal orang tersebut dengan "Mumathil".

Rasulullah SAW senantiasa berlindung kepada Allah, memohon di setiap shalatnya dengan membaca doa yang berbunyi :

"اللهم إني أعوذ بك من المأثم والمغرم" Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari dosa yang banyak dan banyak hutang" , ketika Beliau ditanya mengapa memperbanyak doa tersebut? Rasulullah menjawab: "sesungguhnya seseorang jika berhutang, maka ia akan berkata bohong dan dusta, berjanji dan mengingkari. Maka barangsiapa yang mengahirkan hak orang lain (dengan adanya kemampuan) yang ada pada dirinya, ia telah melakukam perbuatan tercela dan dibenci. Disebutkan dalam sebuah atsar : "sesungguhnya Allah SWT membenci orang kaya yang dzalim, tua bangka yang bodoh, dan pengemis yang gagah perkasa".

Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhu berkata : "diperbolehkan bagi orang yang terdzolimi mendoakan kepada orang yang telah dzalim kepadanya (dengan menunda membayar hutang) dengan membaca doa berikut :
"اللهم أعنّي عليه، اللهم استخرج حقي منه، اللهم حُلْ بيني وبينه"


artinya : "Ya Allah mohon bantulah atas dirinya, Ya Allah mohon keluarkan/ kembalikan hakku darinya, dan mohon bebaskan/lepaskan antara aku dan dia"

Semoga siapa saja yang mempunyai hutang segera bisa mengembalikan kepada yang berhak. Berikut doa agar segera terlepas dari lilitan hutang

Jawaban dari pertanyaan salah seorang ibu praktisi kesehatan di Kajian Jum'at Rumah Sakit Umum Bahteramas Kendari Sulawesi Tenggara.

By. Ainur Rohmawatin, Lc

Post a Comment

أحدث أقدم
/*Mulai*/ /*Akhir*/